Cara meningkatkan daya ingat Otak

Sobb Daya ingat manusia merupakan salah satu unsur penting, dimana tinggi rendahnya daya ingat ini juga mempengaruhi kesuksesan manusia secara langsung terutama dalam pendidikan dan dalam dunia kerja.
Pada dasarnya daya ingat ini berbeda beda pada setiap orang berdasarkan banyak faktor seperti faktor genetika dan bawaan, kebiasaan sehari-hari, atau faktor usia. Daya ingat manusia pada umumnya berkembang pada masa pertumbuhan dan akan memuncak pada masa dewasa, kemudian menurun sesuai dengan usia anda. Jadi jika anda adalah orang yang berada pada masa produktif dan merasa membutuhkan daya ingat yang lebih baik, berikut ini adalah kumpulan tips bagaimana cara meningkatkan daya ingat yang dapat kita aplikasikan dengan mudah.

Tips Sederhana Mengingkatkan Daya Ingat

Cara-Meningkatkan-Daya-Ingat-Otak-300x235

1. latihan sederhana meningkatkan daya ingat

Buatlah daftar kata yang terdiri dari 10 kata untuk diingat, contohnya seperti dibawah ini :
1. Rumah
2. Gudang
3. Pesawat
4. Bazoka
5. Gunung
6. Merpati
7. Hotel
8. Samudra
9. Jakarta
10. Amerika
Tunggu selama 2 menit untuk kemudian menuliskan kembali apa yang anda ingat. Tuliskan apa yang anda ingat berdasarkan urutan kata kata diatas dan tidak boleh acak. Dari sini anda dapat mengetahui tingkat daya ingat anda sampai dimana. Nah, untuk membantu anda meningkatkan daya ingat berdasarkan soal diatas, anda bisa membuat dan membayangkan sebuah cerita singkat yang berhubungan dengan ke urutan 10 benda diatas. Contohnya seperti dibawah ini :
1. Bayangkan rumah anda. Setelah gambar rumah anda jelas terlihat di dalam pikiran anda, bayangkan rumah anda mempunyai tangan yang kuat.
2.Rumah tadi kemudian mengangkat gudang.
3. Gudang ini lalu dilemparkan dan mengenai sebuah pesawat Boeing, tepat menindih kepala pesawat. Anda bayangkan pesawat yang mengerang kesakitan, napasnya terengah-engah.
4. Pesawat, menggunakan tangannya, menggapai-gapai mencari sesuatu dan ternyata menemukan bazoka.
5. Pesawat menembak gudang dengan menggunakan bazoka. Namun sayang tembakan meleset dan mengenai sebuah gunung. Tembakan bazoka menimbulkan lubang besar pada gunung.
6. Dari gunung keluar banyak sekali merpati.
7. Merpati terbang mencari tempat tinggal baru dan memilih tinggal di hotel.
8. Ternyata di dalam hotel ada si Samudra yang sedang merencanakan tindakan jahat.
9. Setelah rencananya matang, si Samudra berangkat ke Jakarta.
10. Samudra hendak mengebom fasilitas Amerika.
Lakukan teknik melatih daya ingat diatas dengan beberapa kata yang lain sesuai dengan imajinasi anda.

2. Mendengarkan musik klasik

Menurut beberapa penelitian, mendengarkan musik klasik yang mempunyai dinamika yang sangat beragam dapat meningkatkan daya ingat. Musik klasik ini meliputi musik instrumental atau orkestra klasik. Dengarkan musik tersebut dan coba nyanyikan nadanya sesuai dengan yang anda ingat.

3. Mengisi teka-teki silang

Mengisi teka teki silang dapat membatu meningkatkan daya ingat, dimana otak anda akan selalu terangsang untuk mengingat sesuatu dalam kehidupan yang berhubungan dengan soal dalam teka-teki tersebut. Untuk mengisi waktu luang sekaligus melatih daya ingat, ada baiknya jika anda mengambil dan mencoba menyelesaikan beberapa soal teka-teki silang.

4. Pidato dan mengajar

Melakukan pidato atau mengajar akan melatih otak anda karena dalam aktifitas ini anda dituntut untuk menghafalkan materi pelajaran, atau menghafalkan pokok-pokok utama yang akan disampaikan dalam kegiatan pidato.

5. Hidup sehat

Melakukan pola hidup sehat adalah cara yang paling umum untuk menjaga kesehatan termasuk kualitas otak anda. Olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan hindari polusi udara sebisa mungkin. Selain itu anda juga harus menjaga pola makan dan memasukkan makanan yang baik untuk otak dalam menu sehari-hari. Gandum, Minyak-Ikan, Blueberry,Tomat, Blakcurrant, Kuaci Biji, Labu, Brokoli, dan Kacang-kacangan adalah sebagian diantaranya.
Share on Google Plus

About Unknown

Jangan iri atas keberhasilan oranglain, karena kamu tidak mengetahui apa yang telah ia korbankan untuk mencapai keberhasilannya itu.
- Krisantus Dhani Kurniawan

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Komentarlah sewarjanya orang berkomentar :)