Membuat tulisan berjalan di blogger

Share on twitterShare on emailShare on printMore Sharing Servi
membuat teks berjalan
Artikel cara membuat tulisan berjalan marque pada blogspot. cara ini sebenarnya sudah saya bahas pada artikel saya yang lalu dengan judul cara membuat tulisan bergerak di blog, namun pada kesempatan kali ini saya akan jelaskan kembali manfaat dari penggunaan kode marquee juga penambahan variasi kode marquee atau kode tulisan berjalan yang belum sempat dibahas pada artikel pertama.
Tulisan berjalan yang dipasang pada sebuah blog akan menambah tampilan blogmenjadi menarik dan tentunya isi/konten informasi dari tulisan berjalan tersebut bisa menjadi pusat perhatian pengunjung. Tulisan berjalan marque ini biasanya berisi tentang info penting misal: iklan, No kontak admin, promo sebuah produk atau bisa juga dijadikan sebagai tulisan selamat datang bagi pengunjung.

Cara membuat tulisan berjalan ini tidak lah sulit, tetapi anda harus tahu dulu kode-kode marque yang digunakan, variasi kodenya-pun beragam sesuai dengan pergerakan tulisan yang diinginkan dan sesuai dengan template blog anda.
Kode perintah (kode dasar) dalam membuat marque atau tulisan berjalan adalah:
<marquee>TULISAN INI YANG AKAN BERJALAN</marquee>
Hasil tampilannya:
TULISAN INI YANG AKAN BERJALAN
 

Selain kode dasar marquee diatas, tulisan berjalan terdapat beberapa variasi, diantaranya adalah:
  • Mengubah kecepatan pergerakan dari kecepatan standar.
    Anda bisa memakai kode scrolldelay="angka kecepatan", angka kecepatan dalam milidetik, jadi ketika angka kecepatan anda tulis 500, maka jeda pergerakan adalah 500milidetik atau 0.5 detik (setengah detik)
    Contoh kode marquee:
    <marquee scrolldelay="500">KECEPATAN TULISAN INI DELAY 0.5 DETIK</marquee>
    Hasil tampilannya:

    KECEPATAN TULISAN INI DELAY 0.5 DETIK
  • Mengubah media teks yang bergerak. 
    Kali ini saya akan menggunakan satuan % dalam penerapannya. Anda bisa memakai kode width="lebar bidang", jika anda memakai angka 50% maka area untuk text berjalan akan memakai setengahnya dari lebar bidang yang tersedia. bingung?? kita lihat penerapannya ya...
    contoh kode marquee:
    <marquee width="50%">TULISAN INI MEMAKAI 50PERSEN DARI BISANG YANG ADA</marquee>
    Hasil tampilannya:

    TULISAN INI MEMAKAI 50PERSEN DARI BISANG YANG ADA
  • Membuat tulisan berjalan dan akan berhenti ketika dilintasi KURSOR MOUSE
    Anda bisa memakai kode onmouseover="this.stop()" onmouseout="this.start()", jika tulisan berjalan itu terlintasi kursor mouse komputer maka otomatis tulisan berjalan akan berhenti selama kursor tersebut berada diatas tulisan berjalan tersebut.
    Contok kodenya:
    <marquee onmouseover="this.stop()" onmouseout="this.start()">TULISAN MARQUEE INI AKAN BERHENTI KETIKA KURSOR MELINTAS</marquee>
    Hasil tampilannya:
    TULISAN MARQUEE INI AKAN BERHENTI KETIKA KURSOR MELINTAS
  • Membuat Link pada tulisan berjalan
    Anda bisa menggunakan kode <a href="alamat url link">nama link</a>, jadi ketika tulisan berjalan ini diklik maka akan akan masuk ke link yang sudah ditentukan. Agar maksimal maka penggunaan kode link ini dipadukan dengan kode berhenti ketika kursor melintas dan kode pergerakan dari atas kebawah:
    Contoh kodenya:
    <marquee onmouseover="this.stop()" onmouseout="this.start()" scrollamount="2" direction="down" width="100%" height="100" align="center">
    <a href="http://jasapembuatanblog-murah.blogspot.com">Jasa pembuatan blog murah</a><br/>
    <a href="http://jasapembuatanblog-murah.blogspot.com/2012/12/toko-online-wordpress-2-dengan-fitur.html">Toko online wordpress</a><br/>
    <a href="http://jasapembuatanblog-murah.blogspot.com/2013/01/fitur-seo-on-page-blogger.html">Fitur SEO Blogger</a></marquee> 

    Hasil tampilannya:
    Jasa pembuatan blog murah
    Toko online wordpress
    Fitur SEO Blogger
Karena pada artikel pertama banyak yang menyakan cara memasangnya pada blog, maka saya akan jelaskan cara memasang kode marquee pada blog anda:
  1. login ke blogger 
  2. Klik menu Tata Letak

    teks berjalan
  3. Klik Tambah Gadget 

  4.  Pilih widget HTML/Javascript

    kode marquee
  5. Pasang Kode yang sudah dijelaskan diatas.
  6. Tempatkan gadget baru anda pada tata letak yang anda inginkan.
Note: kode diatas selain bisa di area tataletak/widget, anda juga menyisipkannya pada artikel/postingan anda, tentunya pada halaman posting rubah dahulu fungsi Compose ke HTML dan sisipkan kode yang telah disiapkan pada paragraf yang ditentukan.
Demikian paparan cara membuat tulisan berjalan merquee di blogspot. semoga kedepannya saya bisa menulis kode-kode ayng lebih banyak lagi. Salam Blogger:)
Share on Google Plus

About Unknown

Jangan iri atas keberhasilan oranglain, karena kamu tidak mengetahui apa yang telah ia korbankan untuk mencapai keberhasilannya itu.
- Krisantus Dhani Kurniawan

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Komentarlah sewarjanya orang berkomentar :)